Langsung ke konten utama

Echinodermata (Laporan Praktikum)


 I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang 

Untuk pembuatan herbarium basah kita memerlukan biota laut oleh sebab itu kita melakukan praktikum lapangan. Dalam pembuatan herbrium basah ini menggunakan larutan, yaitu alkohol dan FAA(formalin). Fungsi dari alkohal dan FAA(formalin) digunakan untuk mengawetkan biota laut tersebut agar tidak  mudah busuk. 
Umang-umang adalah jenis krustasia dekapod yang tergolong dalam superfamili Paguroidea. Kebanyakan spesies umang-umang berabdomen panjang dan lembut yang dilindungi dari ancaman pemangsa dengan memakai sekeping cangkerang kosong yang ditinggalkan haiwan lain, yang boleh memuatkan badan haiwan ini. Selalunya umang-umang memakai cangkerang siput laut atau mana-mana moluska gastropod marin. Hujung abdomen umang-umang disesuaikan agar kuat menggenggam turus kulit cangkerang. Sebaik sahaja bertumbuh besar, umang-umang perlu mencari cangkerang yang lebih besar, sekaligus meninggalkan yang lama.
Teripang adalah binatang berkulit lunak dari kelas Holothuroidea. Mereka adalah hewan laut dengan kulit kasar dan tubuh memanjang berisi satu, bercabang gonad .. Teripang ditemukan di dasar laut di seluruh dunia Ada sejumlah spesies holothurian dan genera, banyak yang ditargetkan untuk konsumsi manusia. Produk panen berbagai disebut sebagai teripang , beche-de-mer atau balate.
Tiram adalah sekelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih. Tiram sejati adalah semua bivalvia yang termasuk keluarga Ostreidae. Namun demikian, nama tiram dipakai pula untuk beberapa hewan lain di luar kelompok itu.Dagingnya rendah kalori dan mengandung kalsium dan vitamin A 
.
1.2 Tujuan Praktikum
Mengetahui morfologi umang-umang, tiram dan teripang.
Untuk mengetahui cara mengawetkan biota laut tersebut.

II. PROSEDUR PERCOBAAN
2.1 Alat & Bahan
Alat:
1.      Ember
2.      Jaring (serokan)
3.      Kacamata renang
4.      Toples
Bahan:
1.      Teripang
2.      Umang-umang
3.      Tiram
4.      Alcohol
5.      FAA(formalin)
Cara kerja:
1.      Ambil teripang, umang-umang, & tiram dari laut.
2.      Kemudian cuci bersih, lalu masukkan kedalam toples
3.      Tuangkan alcohol dalam toples tersebut.
Cara pembuatan larutan :
Larutan aklohol yang awalnya 98% akan diencerkan menjadi 20%. Dengan menggunakan rumus sebagai berikut.
 
III. Hasil Pengamatan dan Pembahasan
            Hasil pengamatan
A. Umang-Umang
B. Teripang 
C.Tiram 

     Pembahasan

A. Klasifikasi umang-umang:
Kingdom         : animalia
Filum               : Arthropoda
Subfilum         : Mandibula
Class                : Crustacea
Ordo                : Decapoda
Famili              : pyolochelidae
Genus              : Pagurus
Species            : Pagarus bernhardus
 
Umang-umang adalah jenis krustasia dekapod yang tergolong dalam superfamili Paguroidea. Kebanyakan spesies umang-umang berabdomen panjang dan lembut yang dilindungi dari ancaman pemangsa dengan memakai sekeping cangkerang kosong yang ditinggalkan haiwan lain, yang boleh memuatkan badan haiwan ini. Tabiat mendiam dalam cangkerang lama ini memberikan nama umang-umang dalam bahasa Inggeris sebagai "hermit crab", sempena bayangan pertapa yang tinggal sendirian dalam gua.
Terdapat lebih kurang 500 spesies umang-umang yang diketahui di dunia, kebanyakannya adalah akuatik dan tinggal dalam air masin dari secetek terumbu karang dan pesisir pantai hingga sedalam dasar laut. Di kawasan tropika pula adanya spesies umang-umang daratan, ada daripadanya agak besar, Umang-umang liar hidup secara berkumpulan iaitu sekawan 100 ekor atau lebih.
B. Klasifikasi teripang:
Kingdom         : Animalia
Filum               : Echinodermata
Subfilum         : Echinozoa
Kelas               :Holothuroidea
Ordo                : Elasipodida
Famili              :Pelagothuriidae
Genus              :Pelagothuria
Species            :Pelagothuria natatrix
Teripang adalah binatang berkulit lunak dari kelas Holothuroidea. Mereka adalah hewan laut dengan kulit kasar dan tubuh memanjang berisi satu, bercabang gonad .. Teripang ditemukan di dasar laut di seluruh dunia Ada sejumlah spesies holothurian dan genera, banyak yang ditargetkan untuk konsumsi manusia. Produk panen berbagai disebut sebagai teripang , beche-de-mer atau balate.
Teripang memiliki endoskeleton tepat di bawah kulit, struktur berkapur yang biasanya dikurangi menjadi ossicles mikroskopis terisolasi (atau sclerietes) bergabung oleh jaringan ikat. Dalam beberapa spesies ini kadang-kadang dapat diperbesar untuk pelat rata, membentuk sebuah baju besi Teripang berkomunikasi satu sama lain dengan mengirimkan sinyal hormon melalui air. 
Sebuah fitur yang luar biasa dari hewan ini adalah menangkap kolagen yang membentuk dinding tubuh mereka. Hal ini dapat mengendurkan dan diperketat di akan, dan jika hewan ingin masuk melalui celah kecil, pada dasarnya dapat mencairkan tubuhnya dan tuangkan ke dalam ruang. Untuk menjaga diri aman dalam celah-celah dan retak, teripang kait semua serat kolagen yang dapat membuat perusahaan tubuhnya lagi.
Sebuah teripang di Mahé, Seychelles mengeluarkan filamen lengket dari anus membela diri. Beberapa spesies karang laut teripang-karang dalam tatanan Aspidochirotida dapat membela diri dengan mengusir cuvierian lengket tubulus mereka (pembesaran pohon pernapasan yang mengapung bebas di coelom ) untuk melibatkan predator potensial. Ketika terkejut, mentimun ini mungkin mengusir beberapa dari mereka melalui air mata pada dinding kloaka dalam autotomic proses yang dikenal sebagai pengeluaran isi .
Penggantian tubulus tumbuh kembali dalam satu-dan-setengah-sampai lima minggu, tergantung pada spesies. Rilis tubulus ini juga dapat disertai dengan pelepasan bahan kimia beracun yang dikenal sebagai holothurin , yang memiliki sifat mirip dengan sabun . Zat kimia ini dapat membunuh binatang di sekitarnya dan merupakan salah satu cara yang lebih di mana hewan-hewan ini menetap bisa mempertahankan diri.
Mereka dapat ditemukan dalam jumlah besar di dasar laut dalam, di mana mereka sering membuat sebagian dari biomassa hewan. Pada kedalaman lebih dari 5,5 mil (8,8 km), teripang terdiri 90% dari total massa makrofauna  Teripang bentuk ternak besar yang bergerak melintasi fitur bathygraphic laut, makanan berburu. Tubuh beberapa holothurians air dalam terbuat dari jaringan gelatinosa tangguh dengan sifat-sifat unik yang membuat binatang mampu mengendalikan daya apung mereka sendiri, sehingga memungkinkan bagi mereka untuk baik hidup di dasar laut atau mengapung di atasnya untuk pindah ke lokasi baru dengan minimal energi.
Untuk Enypniastes eximia misalnya, Leander Peniagone dan Paelopatides confundensTeripang biasanya 10 sampai 30 cm (3,9-12 dalam) panjangnya, meskipun spesies yang dikenal terkecil hanya 3 milimeter (0,12) panjang, dan terbesar bisa mencapai 1 meter (3.3 kaki). Tubuh berkisar dari hampir spherical menuju seperti cacing, dan tidak memiliki senjata ditemukan dalam echinodermata lainnya, seperti bintang laut .

C. Klasifikasi tiram laut:
Kingdom         : Animalia
Filum               : Mollusca
Kelas               : Bivalvia
Order               : Ostreoida
 Family            : Ostreidae
Genus              : Crassostrea
Species            : Crassostrea gigas
Tiram adalah sekelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih. Tiram sejati adalah semua bivalvia yang termasuk keluarga Ostreidae. Namun demikian, nama tiram dipakai pula untuk beberapa hewan lain di luar kelompok itu.Dagingnya rendah kalori dan mengandung kalsium dan vitamin A

Nutrisi Tiram  ( Crassostrea gigas)
Sebelum kita berbicara tentang kegunaannya, kita akan membahas tentang nutrisi yang terkandung didalam tiram sehingga membuat makanan ini memiliki banyak fungsi.Dalam 100 gram daging tiram mengandung protein sebanyak 11 gram protein, dan 4 gram lemak saja. Selain itu terdapat berbagai mineral dan vitamin yang sangat berguna untuk tubuh anda. Terdapat vitamin A, B1 (thiamin), B2(riboflavin), B3 (niacin), C (ascorbic acid), and D (calciferol).
Mineral yang terkandung adalah besi, tembaga, yodium, magnesium, kalsium, zinc, mangan dan fosfor sehingga kebutuhan tubuh bisa terpenuhi dengan konsumsi tiram ini.Jika dilakukan perbandingan dalam kandungan beberapa zat yang penting bagi tubuh, dapat terlihat kelebihan tiram dibanding sumber makanan lainnya
V. KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
  1. Umang-umang adalah jenis krustasia dekapod yang tergolong dalam superfamili Paguroidea. Kebanyakan spesies umang-umang berabdomen panjang dan lembut yang dilindungi dari ancaman pemangsa dengan memakai sekeping cangkerang kosong yang ditinggalkan haiwan lain
  2. Teripang adalah binatang berkulit lunak dari kelas Holothuroidea. Mereka adalah hewan laut dengan kulit kasar dan tubuh memanjang berisi satu, bercabang gonad
  3. Teripang memiliki endoskeleton tepat di bawah kulit, struktur berkapur yang biasanya dikurangi menjadi ossicles mikroskopis terisolasi (atau sclerietes) bergabung oleh jaringan ikat
  4. Tiram adalah sekelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih. Tiram sejati adalah semua bivalvia yang termasuk keluarga Ostreidae.
  5. Mineral yang terkandung adalah besi, tembaga, yodium, magnesium, kalsium, zinc, mangan dan fosfor sehingga kebutuhan tubuh bisa terpenuhi dengan konsumsi tiram ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sel Epitel Rongga Mulut

BAB I PENDAHULUAN    1.1 Latar belakang                     Sel epithelium merupakan sel penutup permukaan tubuh,baik permukaan tubuh sebelah luar atau permukaan tubuh sebelah dalam.Contoh permukaan sebelah luar yang memiliki sel epithelium adalah kulit,sedangkan permukaan sebelah dalam tubuh yang mengandung epithelium adalah permukaan dalam usus,paru-paru,pembuluh darah,dan rongga tubuh.Epitelium yang berada di dinding dalam kapiler darah dan pembuluh linfa disebut endothelium.sedangkan yang melapisi rongga tibuh disebut mesotelium.      Sel-sel epithelium terikat satu dengan yang lainnya oleh zat pengikat antar sel,sehingga hamper tidakada ruangan antars el.Dengan demikian,sel ini dapat melindungisel dibawahnya dari pengaruh lingkungan luar.Karena proses pengeluaran dan pemasukan zat dari dalam atau luar tubuh banyak melalui epithelium,maka sifat permeabelitas dari sel-sel epitel memegang peran penting dalam pertukaranzat antara l

PLASMOLISIS DAN DEPLASMOLISIS (Laporan Praktikum Fisiologi Tumbuhan)

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Masalah Plasmolisis adalah peristiwa mengkerutnya sitoplasma dan lepasnya membran plasma dari dinding sel tumbuhan jika sel dimasukkan ke dalam larutan hipertonik. Plasmolisis merupakan proses yang secara nyata menunjukkan bahwa pada sel, sebagai unit terkecil kehidupan, terjadi sirkulasi keluar-masuk suatu zat. Adanya sirkulasi ini menjelaskan bahwa sel dinamis dengan lingkungannya. Jika memerlukan materi dari luar maka sel harus mengambil materi itu dengan segala cara, misalnya dengan mengatur tekanan agar terjadi perbedaan tekanan sehingga materi dari luar bisa masuk. Plasmolisis merupakan dampak dari peristiwa osmosis. Jika sel tumbuhan diletakkan pada larutan hipertonik, sel tumbuhan akan kehilangan air dan tekanan turgor, yang menyebabkan sel tumbuhan lemah. Tumbuhan dengan kondisi sel seperti ini disebut layu. Kehilangan air lebih banyak lagi menyebabkan terjadinya plasmolisis : tekanan terus berkurang sampai di suatu titi

BELAJAR SHOPEE UNTUK PEMULA

Diera pandemi seperti sekarang ini, kesulitan ekonimi dirasakan diseluruh bidang perekonomian. adanya PPKM membuat masyarakat tidak leluasa untuk keluar rumah sekadar berbelanja barang kebutuhanya. Marketplace hadir sebagai solusi. dengan hadirnya marketplace di indonesia, mampu menjadi salah satu alternatif tempat belanja pilihan untuk pemenuhan kebutuhan. kenapa online? pesatnya perkembangan digital yang amat sangat pesat membuat pasar online mampu menjadi primadona masyarakat penikmat fasilitas online.  marketplace hadir sebagai salah satu tempat pengembangan ekonomi di era pandemi. mampu bersaing berjualan di era pandemi dengan jutaan seller adalah hal yang menguntungkan. dan kamu bisa jadi salah satunya. yuk ikut kembangkan ekonomi dengan berjualan di marketplace... SHOPEE adalah salah satu marketplace andalan yang paling banyak diminati oleh masyarakat. belajar bersama menuju sukses bersama kelas shopee untuk pemula. yuk gabung dengan klik link dibawah ini yaaa.... selamat bergab